Cara Membuat Kandang Itik Dan Bebek

Cara Jitu Membuat Kandang Itik Dan Bebek — sahabat, Berikut kami sampaikan artikel mengenai jenis kandang tan tips menjaga kesehat... thumbnail 1 summary


Cara Jitu Membuat Kandang Itik Dan Bebek — sahabat, Berikut kami sampaikan artikel mengenai jenis kandang tan tips menjaga kesehatan itik peternakan.Segagaimana yang yang kita tau bahwa itik memiliki prospek dan peluang bisnis yang sangat baik kedepannya.Telur bebek akan banyak di butuhkan oleh masyarakat menjelang lebaran.Tidak hanya di musim lebaran telur itik juga di butuhkan banyak parik roti sebagai bahan produksi.Untuk itu kami berikan jurus jitu mengenai jenis kandang agar kesehatan itik dan bebek anda terjaga.Perlu dipahami mengenai lokasi pembuatan kandang dimana pembaca akan memembuat kandang agar tidak salah tipe kandang yang anda akan buat.

Kandangrak

Kandang baterai

Di kandang baterai, setiap 1 kandang hanya dihuni seekor itik dewasa. Ukuran kandang sekitar 50 cm x 50 cm x 45 cm. Bisa juga dibuat berkelompok, dihuni 5 ekor itik, asalkan kandang lebih luas. Kandang dapat terbuat dari bilah bambu maupun rangka kawat. Biaya investasi kandang baterai relatif tinggi dibandingkan tipe kandang lain.Perkawinan itik yang tinggal dalam kandang baterai dilakukan dengan cara inseminasi buatan.
Untuk itu, perhitungan tenaga kerjanya mencakup inseminator—ahli inseminasi buatan. Keuntungannya, produktivitas itik lebih terkontrol dan pengendalian penyakitnya lebih terjaga.Pengambilan telur di kandang baterai lebih mudah lantaran tempatnya terbatas. Namun, sekarang, jarang peternak itik layer yang menggunakan kandang baterai. Kandang baterai hanya dipakai pada saat memelihara itik starter.
kandang itik2

Kandang ranch ( Rak )

Tipe kandang populer sekarang yaitu kandang ranch. Kandang yang merupakan modifikasi dari kandang postal itu menyediakan ruangan tempat ternak sebagai tempat umbaran—tempat bermain. Tipe kandang itu juga disebut kandang umbaran. Kandang dilengkapi dengan kolam atau saluran air tempat itik membersihkan diri atau sekedar mendinginkan tubuh di siang hari. Tipe kandang ranch cocok untuk pemeliharaan itik petelur dewasa.

Kandang Postal

Kandang itik
Berbeda dengan kandang baterai, kandang postal dihuni lebih dari satu itik. Satu kandang, populasinya dapat mencapai ratusan hingga ribuan ekor tergantung luas kandang. Kandang postal itu cocok dipakai untuk itik grower. Tempat makan dan minum itik disediakan dalam kandang sehingga relatif menghemat tempat. Tinggi kandang tidak boleh kurang dari 2 m. Tujuannya untuk memudahkan saat panen telur, membersihkan kandang serta pemberian pakan.

Kondisi Kandang

Berdasarkan kondisinya, jenis kandang dapat dibagi menjadi kandang basah dan kandang kering.

Kandang basah

Kandang basah berarti ada tempat khusus untuk aktivitas mandi, minum, berenang, dan membantu proses perkawinan berupa kolam. Sistem kandang basah cocok untuk mencetak telur tetas. Untuk itik petelur, kolam jangan terlalu luas agar itik tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Tujuannya agar energi yang dialokasikan untuk menghasilkan telur lebih banyak. Untuk sistem kandang basah sebaiknya diberi jarak antara kandang dan kolam, sekitar 2—3 m. Fungsinya agar kandang tidak terlalu basah saat itik masuk sehabis melakukan aktivitas di kolam. Kandang yang terlalu basah cenderung cepat berbau dan berisiko mengundang penyakit.

Kandang kering

Kandang kering hanya menyediakan air untuk aktivitas mencuci muka dan minum. Aktivitas itik dibatasi sehingga energi yang diperoleh dari pakan diperuntukkan untuk memproduksi telur. Kelebihan lain, kandang kering adalah meminimalisasi bau kotoran itik.

Bagaimana Modifikasi Kandang Itik dan Bebek

Pemeliharaan itik di daerah beriklim basah perlu dicermati. Kandang itik harus dijaga agar lebih hangat. Itik yang stres lantaran kedinginan dapat mogok bertelur atau produktivitasnya rendah. Untuk itu, kandang dapat dimodifikasi dengan membuat kandang panggung.
Lantai kandang yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah membuat kondisi kandang lebih hangat. Tempat makan dan minum disediakan di depan kandang. Itik tetap dapat makan meski di dalam kandang dengan cara meneroboskan lehernya lewat celah kandang.

Kepadatan Kandang

Ukuran kandang itik petelur disesuaikan dengan populasi itik. Kapasitas kandang juga perlu diperhatikan. Jangan sampai terlalu padat. Sesuaikan ukuran dengan luas kandang dan umur itik yang dipelihara.

Anak itik
(0—6 minggu):

TIPE KANDANG ITIK
6
Umur 1 minggu, 25 ekor
Umur 2—3 minggu, 18 ekor
Umur 4—6 minggu, 10 ekor
Itik dara umur 2—5 bulan, Itik dewasa umur di atas 8 ekor/m2 5 bulan, 3 ekor/m2

sumber : suksesbisnisusaha.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Category 2